Selamat Datang diblog: e-travel Garuda Indonesia, product info seputar Garuda Indonesia. Kunjungi website resmi Garuda Indonesia di www.garuda-indonesia.com......Garuda Indonesia meraih empat penghargaan "Angkasa Award" dari majalah Angkasa(Kompas Group) untuk kategori: Airline Of The Year,The Best Service, The Best On Time Performance,The Most Favorite Airline 2008......... Mulai 16 Januari 2009 Garuda Indonesia hadir di kota Malang dengan rute MLG-CGK VV
Google
 
Web etravel-ga

Thursday, March 1, 2007

Pemeriksaan Berkala Aircraft

Sebagai maskapai yang puluhan tahun sarat pengalaman mengelola bisnis penerbangan, Garuda dalam operasional penerbangannya secara konsisten mengikuti prosedur yang ditetapkan otoritas kelaikan udara di dalam maupun di luar negeri.

Seluruh pesawat Garuda menjalani proses pemeriksaan dan perawatan secara intensif di Garuda maintenance Facility Aero Asia-anak perusahaan Garuda yang bergerak dalam bisnis MRO(Maintenance, Repair, Overhaul). Perawatan pesawat Garuda dilakukan sesuai dengan standar internasional dan ditangani pula oleh para teknisi berlisensi international.

Sebelum berangkat, pesawat Garuda mejalani pre-flight check setiap pagi selama satu jam. Saat transit, Garuda melaksanakan transit check sekitar 40 menit. Setelah pesawat landing pun pemeriksaan tetap dilakukan (daily check atau night stop check) yang memakan waktu 3 jam. Pendek kata, setiap berada di darat sekalipun, kelaikan terbang pesawat Garuda selalu diperiksa.

Tidak itu saja. Pemeriksaan berkala pun wajib dilaksanakan, seperti weekly check(pemeriksaan seminggu sekali) dala letter check(A, C dan D check). Letter check diakukan berkaitan dengan jam terbang pesawat.
Contohnya A-check, yakni pemeriksaan setelah pesawat menempuh 300 jam terbang, antara lain memeriksa rangka pesawat, mesin, component pesawat, termasuk landing gear-nya. Pemeriksaan A-check butuh waktu satu hari.

C-check dilakukan setiap 4.000 jam terbang dengan item pemeriksaan yang lebih banyak lagi dan memakan waktu sekitar 10 hari. Sedangkan D-check merupakan pemeriksaan penyeluruh terhadap pesawat yang dilakukan selama 32 hari.

Itulah contoh kecil, betapa ketatnya Garuda mengupayakan kehandalan pesawat yang akan dioperasikan. Tapi pada akhirnya memang penumpanglah yang akan menentukan pilihan-airlines mana yang akan mereka gunakan.

Penumpang bisa saja mengorbankan sedikit kenyamanan sebagai kompensasi untuk tiket murah. Namun dalam hal keselamatan penerbangan, adakah yang sudi kompromi ?. Untuk itu, berhati-hatilah ketika memilih airlines. Jadi tidak perlu terpikat dengan murahnya tiket. Buat apa ? Jika akhirnya harus kecewa.